free web site hit counter
top of page

PERSIAPAN DALAM RANGKA ASSESMENT ACCESS BRANDING

Selasa & Rabu, 01 s.d. 02 Desember 2020



Kegiatan Persiapan Penilaian kelayakan CU Bererod Gratia (CUBG) mengikuti Access Branding tingkat Asia yang difasilitasi Puskopdit BKCU Kalimantan. Hal ini menjadi salah satu bentuk Pendampingan Puskopdit BKCU Kalimantan terhadap Anggotanya dalam hal ini CUBG.


Sertifikasi Access Branding disosialisasikan oleh ACCU (Asian Confederation of Credit Union) kepada CU/Koperasi Kredit Primer maupun kepada gerakan puskopdit/Koperasi Kredit Sekunder sejak Th. 2005.


ACCESS Branding adalah tools atau alat penilaian branding penilaian standar tata kelola dan kualitas pelayanan Credit Union Bererod Gratia. ACCESS Branding merupakan penilaian yang holistik sampai kepada kinerja Credit Union sebagai sebuah gerakan dan kepemimpinan orang-orang yang terlibat dalam gerakan tersebut. Untuk berhasil dalam lingkungan yang semakin kompetitif saat ini, credit unions membutuhkan pelayanan keuangan yang unggul. Pilihan Kompetitif ACCESS-A1 untuk Keunggulan dalam Layanan dan Kesehatan akan membekali credit union dengan wawasan kritis yang dibutuhkan untuk membangun strategi brand organisasi yang luas secara optimal. Ini akan menunjukkan kepada credit union bagaimana pengembalian dari brand yang dikelola dengan baik bisa lebih besar daripada kegiatan bisnis lainnya.

Alat diagnostik ini akan membantu dalam mengembangkan strategi branding untuk credit unions yang memanfaatkan keunggulan kompetitif. Ini juga akan menjadi dasar bagi organisasi anggota ACCU dalam memberikan bantuan teknis kepada anggota untuk menerapkan strategi branding dan mengembangkan materi iklan yang akan menjadi model credit unions.

ACCESS terdiri dari A-1 Competitive Choices for Excellence in Service and Soundness. Terdapat 4 Perspektif Penilaian Kinerja Balanced Scorecard berisikan 86 indikator penilaian ACCESS Branding;

1. Perspektif Keuangan.

Credit Union dinilai berdasarkan indikator-indikator keuangan untuk memastikan perlindungan, keamanan dan kesinambungan. Indikator Keuangan tersebut adalah PEARLS; Protection (Perlindungan), Effective Financial Structure (Struktur Keuangan Efektif), Asset Quality (Kualitas Aset), Rates of Return and Cost (Tingkat Pendapatan & Biaya), Liquidity (Likuditas) dan Sign of Growth (Tanda Pertumbuhan).


2. Perspektif Anggota.

Menilai kualitas produk dan pelayanan serta kepuasan anggota menggunakan produk dan pelayanan CUBG. Aspek-aspek penilaian cukup bervariasi mulai dari rentangan produk, strategi pemasaran, partisipasi anggota sampai sarana dan prasarana dalam CUBG.


3. Perpektif Bisnis Internal.

Kemampuan menempatkan diri di tengah segmen pasar dan efisensi operasional dalam organisasi. Aspek-aspek yang dinilai mulai dari kebijakan dan SOP, komunikasi internal sampai relasi dengan lembaga mitra, pemerintah dan federasi Credit Union.


4. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran.

Menilai kompetensi dan kepuasan manajemen serta pengetahuan dan kepemimpinan Pengurus-Pengawas dalam Credit Union. Aspek-aspek yang dinilai mulai dari kemampuan Pengurus-Pengawas menempatkan dirinya sebagai Pusat Pengambilan Keputusan Utama dan fungsi-fungsi lainnya, jenjang karir manajemen sampai program-program pengembangan SDM yang dimiliki CUBG.


Kegiatan Persiapan Assesment Access Branding ini menjadi tolak ukur kesiapan CUBG untuk mengajukan diri mengikuti Assesment Access Branding yang akan dinilai oleh ACCU (Asian Confederation of Credit Union). Semoga CUBG dapat terus-menerus memperbaiki diri dan menjawab kebutuhan Anggotanya untuk menuju kesejahteraan bersama dan pengakuan sebagai Credit Union yang menerapkan Standart Branding Tingkat Asia.

536 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page