free web site hit counter
 

Sejarah Singkat CU Bererod Gratia

  • Berawal dari pesta persaudaraan yang bertepatan dengan pesta Natal dan Tahun Baru 2002, keluarga Besar karyawan–karyawati KWI pada pertemuan tersebut mengusulkan pentingnya sebuah wadah kebersamaan yang berkesinambungan dan saling mensejahterakan. Salah satu wadah yang diusulkan adalah terbentuknya koperasi. Hal ini ditindak lanjuti dengan mengundang nara sumber penggerak Credit Union dari Probolinggo untuk mensosialisasikan tentang ”Apa itu Credit Union, Bagaimana membangun dan mengembangkan Credit Union, Apa kelebihan dan keuntungan dari gerakan Credit Union? 

  • Atas restu Rm. Maryo, SJ selaku PSDM KWI, pada tanggal 21 Maret 2006 diadakan sosialisasi CU di tengah karyawan-karyawati KWI. Pelaksanaannya di fasilitasi oleh Bapak Abat Elias, SE dan Bapak Bernard Situngkir dari Induk Koperasi Kredit dengan moderator oleh Rm.Bijanto, CM selaku sekretaris Eksekutif Komisi PSE KWI Selanjutnya beberapa karyawan KWI hadir sebagai peninjau dalam RAT BK3D Kalimantan Samarinda 21 -23 April 2006. 

  • Pada tanggal 11-14 Mei 2006 diadakanlah Rencana Strategis pembentukan Credit Union di Jakarta dengan dihadiri 30 orang yang terdiri dari Karyawan/i KWI dan Tokoh-tokoh lainnya, di fasilitasi oleh Bapak A.R.Mecer selaku Ketua Pengurus BK3D Kalimantan.

  • Pada tanggal 15 Mei 2006 berdirilah secara resmi Credit Union Bererod Gratia dan terbentuknya kepengurusan pertama periode 2006 - 2008. Kata ”Bererod” di ambil dari bahasa Betawi yang berarti ”Beriringan” dan Gratia dari bahasa Latin yang berarti ”Rahmat”. Dari asal kata tersebut di harapkan melalui CUBG secara bersama–sama memperoleh rahmat. 

  • CUBG diharapkan menjadi solusi atas permasalahan keuangan anggota dengan cara ” Menolong Anggota untuk Menolong Diri Sendiri”.