free web site hit counter
top of page

RAPAT ANGGOTA RENCANA KERJA RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA (RA-RKRAPB) Tahun Buku 2021 CUBG

Diperbarui: 17 Des 2020

Hotel Lemo Tangerang, Minggu, 13 Desember 2020.

Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan berkat-Nya KSP Credit Union Bererod Gratia (CUBG) telah dapat mensepakati Rencana Kerja yang dilaksanakan melalui Rapat Anggota Rencana Kerja Rencana Anggaran Pendapatan Belanja (RA-RKRAPB) Tahun Buku (Tb) 2021.


Berawal dari sebuah kewajiban dan telah menjadi kebutuhan bagi CUBG untuk melaksanakan Amanat Undang-Undang Koperasi No.25 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia No.19/Per/M.KUKM/IX/2015 yaitu melaksanakan Rapat Anggota. Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi pengambilan keputusan didalam CUBG. RA-RKRAPB Tb.2021 telah disepakati dan menjadi panduan kerja bagi Pengelola CUBG ditahun 2021 yang akan datang.


Keberhasilan bersama Pengelola CUBG dalam menyusun RA-RKRAPB Tb.2021 bukanlah suatu hal yang mudah, dimulai dari Pra Bisnis Plan yang pembahasannya melibatkan komunitas, dilanjutkan Penyusunan Matriks Perencanaan Program, Penyusunan Anggaran, Proyeksi Arus Kas maka tersusunlah RKRAPB Tb.2021. Pengelola CUBG yaitu; Pengurus, Pengawas, Komite Tempat Pelayanan dan Kantor Kas, Aktivis serta Manajemen CUBG telah dengan penuh Komitmen, Integritas, Peduli, Bekerjasama, Demokratis, Kreatif dan Transparan menyusunnya dan berniat untuk melaksanakan RKRAPB Tb.2021 sesuai dengan keputusan yang telah disepakati dalam Rapat Anggota.


Pengalaman sungguh telah mendewasakan CUBG dalam menjawab tantangan setiap tahunnya. Selama Pandemi COVID19 ini CUBG telah melakukan penyesuaian untuk menjawab tantangan yang ada dengan mengambil langkah-langkah antisipasinya;

  1. Efisiensi Balas Jasa Simpanan Anggota

  2. Efisiensi Gaji Pegawai dan biaya operasional organisasi lainnya

  3. Pendidikan Pelatihan Pemberdayaan Anggota dilakukan melalui pendekatan Virtual

  4. Penutupan sementara dan pembatasan plafon atas beberapa jenis produk pinjaman

  5. Pembatasan kewenangan atas pengambilan keputusan pencairan pinjaman

Semua penyesuaian diatas tidak serta merta memberikan dampak positif terhadap peningkatan Kinerja Program Keuangan, Pinjaman beredar, Diklat Pemberdayaan dan Organisasi. Kita ketahui bersama bahwa Negara kita sedang dalam resesi ekonomi dan diperkirakan masih akan terjadi hingga tahun 2021, untuk itu CUBG harus senantiasa bersiap diri dan mengantisipasi setiap tantangan yang ada secara tepat, cermat dan terukur.


CUBG didalam menghadapi pandemi COVID19 ini telah menemukan strateginya untuk bertahan yaitu melalui PEMBERDAYAAN ANGGOTA, kesimpulan ini telah CUBG temukan bersama komunitas ketika berproses menyusun RKRAPB Tb.2021. Bahwa CUBG menyakini ketahanan ekonomi anggota akan memberikan dampak positif bagi keberlanjutan CUBG. Melalui RKRAPB TB.2021 ini CUBG telah menyiapkan strategi-strategi untuk menghadapi tantangan ditahun 2021 dan CUBG dengan nilai-nilai yang dimilikinya bertekad untuk menjadi Credit Union yang berkelanjutan.

Kiranya Tuhan senantiasa beserta seluruh Anggota Credit Union Bererod Gratia.

427 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page