top of page
  • Gambar penulisCUBG

Universitas BSI Gelar Webinar Pengabdian Masyarakat Public Speaking bersama Anggota KSP CUBG

Jakarta - Pada hari Sabtu, 02 Oktober 2021, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika telah melaksanakan Webinar Pengabdian Masyarakat yang berjudul Public Speaking melalui Zoom Virtual Meeting pada pukul 10.00 WIB yang ditujukan untuk anggota Koperasi Simpan Pinjam CU Bererod Gratia (CUBG) di seluruh cabang yang tersebar di Indonesia. Pengabdian masyarakat kali ini berupa pelatihan peningkatan kemampuan Public Speaking. Acara ini diikuti oleh lebih dari 20 anggota dari semua cabang.




Leonardus Dunu, pihak CUBG, memberikan sambutan di acara Webinar Pengabdian Masyarakat “Public Speaking”(Dok. Nurul Lita Prihasti)


Pada pembukaan acara, Pengurus CUBG menyambut seluruh peserta dengan doa bersama demi kelancaran acara ini, lalu disambung dengan pemutaran lagu Indonesia Raya serta bersama-sama menyanyikan Hymne dan Mars CUBG. Setelah bersama-sama mendengarkan Hymne dan Mars CUBG dilanjutkan dengan sesi membaca Visi Misi, nilai-nilai dan juga slogan CUBG. Pada sesi sambutan, Leonardus Dunu selaku Wakil Ketua Koperasi Simpan Pinjam CU Bererod Gratia menyampaikan bahwa semoga acara ini berjalan lancar sebagaimana mestinya dan semoga kerjasama antara pihak UBSI dan CUBG dapat berlanjut dikesempatan berikutnya. Dari pihak Universitas Bina Sarana Informatika, Pramelani, S.Sos, M.M selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat juga menyampaikan banyak terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara CUBG dan UBSI.




Tutor memaparkan materi Public Speaking di webinar pengabdian masyarakat (Dok. Nurul Lita Prihasti)


Materi Public Speaking dalam acara webinar ini dibawakan oleh Taqwa Sejati S.I.Kom, M.I.Kom sebagai tutor yang juga salah satu Dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Beliau membuka sesi pemaparan materi dengan membawakan lagu dari salah satu band Indonesia yaitu Godbless-Rumah Kita. Penampilan tersebut disambut baik oleh para peserta, bahkan beberapa ada yang ikut bernyanyi bersama. Setelah memberikan persembahan sebuah lagu, dilanjutkan penerangan materi Public Speaking yang berisi jenis-jenis public speaking, serta tips and trick yang harus dilakukan sebelum memulai berbicara di depan umum. Tidak hanya materi, tutor pun memberikan latihan public speaking kepada para peserta. Setelah sesi pemaparan materi, para peserta diminta mengisi kuesioner seputar acara dan pada sesi tanya jawab tidak sedikit yang bertanya dimana salah satunya seputar bagaimana cara mengatasi kegugupan saat berbicara.



Para peserta mengikuti latihan public speaking yang dipandu oleh tutor (Dok. Nurul Lita Prihasti)



Peserta memberikan kesan dan pesan dari acara Webinar Pengabdian Masyarakat Public Speaking. (Dok. Nurul Lita Prihasti)

Di sesi penghujung acara terdapat sesi games dan pembagian hadiah. Acara ini dipandu oleh Murtiadi, S.I.Kom, M.I.Kom dengan memberikan pertanyaan “latihan apa yang harus di lakukan sebelum memulai public speaking?”. Peserta antusias menjawab pertanyaan pada kolom chat yang tersedia di zoom meeting. Pada sesi games ini ditetapkan sebagai pemenang adalah Maria Eletrisha yang berhasil menjawab dengan benar dan cepat. Sebelum penutupan acara, para peserta diminta oleh MC menyampaikan pesan dan kesan setelah mengikuti kegiatan Webinar

Pengabdian Masyarakat “Public Speaking”. Salah satu dari peserta mengutarakan bahwa acara ini sangat membantu karena sangat berhubungan dengan profesi mereka dan semoga acara seperti ini diadakan kembali untuk terus mengasah skill berbicara anggota CUBG. Setelah penyampaian kesan dan pesan peserta, acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan tutor memberikan persembahan satu lagu terakhir dengan menyanyikan lagu dari Slank-Terlalu Manis. (Salmaa Rustawati, Dimas Ramadhan Febrianto, Rizky Nur Khodijah)

196 tampilan0 komentar
bottom of page